Takut akan Tuhan adalah Permulaan Pengetahuan

Perbuatan Melawan Hukum

Perbuatan melawan hukum adalah suatu perbuatan yang menimbulkan kerugian kepada orang lain dan mewajibkan si pelaku/pembuat yang bersalah untuk mengganti kerugia yang ditimbulkannya[1]

Contoh: onrechtmatigdaad (1365) onrechtmatigedaad adalah suatu perbuatan yang bertentangan dengan hukum. Meski tidak dikehendaki atau disengaja, pelaku harus mengganti kerugian yang diderita oleh pihak yang dirugikan akibat perbuatan yang dilakukan oleh pelaku tersebut. 


Perbuatan melawan hukum, dapat dibedakan menjadi dua yaitu; 

1. Perbuatan melawan hukum karena perbuatan atau tindakan 

Dalam hal perbuatan melawan hukum karena perbuatan atau tindakan tersebut dikatakan melawan hukum apabila perbuatan tersebut bertentangan dengan undang-undang. Yang dimaksud dengan hukum bukan hanya berupa undang-undang saja melainkan termasuk juga hukum tak tertulis yang harus diataati masyarakat[2]. Dan kerugian-kerugian yang timbul akibat perbuatan melawan hukum tersebut harus ada hubungan dengan perbuatannya secara langsung, kerugian itu ditimbulkan karena kesalahan pembuat/pelaku[3]. Yang dimaksud dengan kesalahan ialah apabila pada pelaku ada kesalahan kesengajaan atau kealpaan (kelalaian)[4]


2. Perbuatan melawan hukum dalam hal tidak berbuat sesuatu[5]

Dalam KUH Perdata ditentukan bahwa perbuatan melawan hukum itu tidak hanya dilakukan karena perbuatan langsung tetapi juga perbuatan melawan hukum yang disebabkan oleh orang yang ditanggungnya atau karena barang-barang yang berada dibawah pengawasannya. 

Contoh : 

- Orang tua bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan karena perbuatannya anaknya yang belum cukup umum yang berdian bersama mereka. 

- Seorang majikan bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan oleh bawahannya dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka. 

- Guru sekolah bertanggung jawab terhadap kerugian yang ditimbulkan karena perbuatan-perbuatan murid selama berada dalam pengawasannya.


[1] Peter Mahmud, Op. cit., h. 291
[2] Peter Mahmud, Op. cit., h. 291
[3] Peter Mahmud, Op. cit., h. 291
[4] Peter Mahmud, Op. cit., h. 291
[5] Peter Mahmud, Op. cit., h. 291

0 Response to "Perbuatan Melawan Hukum"

Post a Comment

berandahukum.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE